Langsung ke konten utama

analisis porter five force kfc

ANALISIS PORTER FIVE FORCE KFC

Ketahui dulu gambaran dari perusahaan KFC. PT. Fastfood indonesia. Tbk. Didirikan oleh kelompok usaha gelael pada tahun 1978 dan terdaftar sebagai perusahaan publik sejak tahun 1994. Perseroan mengawali usaha warabola dengan pembukaan restoran KFC pertama pada bulan oktober 1979 di jalan melawai, jakarta. Keberhasilan restoran QSR (quick service restaurant) pertama ini kemudian diikuti dengan pembukaan restoran KFC di kota-kota besar lainnya di indonesia. Sebagai pemegang senantiasa membangun brand KFC dan berbekal keberhasialan perseroan selama 26 tahun. KFC telah menjadi brand hidangan cepat saji yang dominan, dan dikenal luas sebagai jaringan restoran cepat saji di negeri ini.

KFC merupakan perusahaan yang menu utamanya menjual ayam goreng cepat saji. Dalam proses bisnisnya KFC memerlukan bahan baku yang di supply dari beberapa pihak yang berbeda.

 

·      Ancaman pendatang baru
Sulit untuk memulai bisnis dimana telah ada perusahaan yang telah beroprasi dengan berbagai strategi biaya, tetapi jika bisa menemukan alternative produk dan berinovasi mungkin saja bisa masuk dan bertahan di industry tersebut. Selain itu pendatang baru juga harus dengan cepat memperkuat Brand name ketika mencapai economicofscale perusahaannya melalui proses supplychain , serta pengembangan jalur dan infrastruktur distribusi. Dari hal yang diuraikan di atas dapat dilihat bahwa kesempatan pendatang baru untuk masuk menjadi rendah. 


·         Ancaman dari produk pengganti 

Ancaman produk pengganti di dalam industri sendiri apabila di lihat dari fungsinya tidaklah tinggi, walaupun banyak motor jenis matic yang beredar untuk menggantikan posisi motor jenis biasa tetapi keberadaan motor manual belum bergeser fungsi. 


·         Daya Tawar dari supplier 

Daya tawar dari supplier AHM tidak begitu tinggi karena, Honda memiliki supplier yang memang sudah merger dengan perusahaan di jepang. Dan penghasil sebagian besar komponen / piranti untuk produk yang di jualnya. 


·         Kekuatan Pembeli 

Memang betul adanya jika pepatah mengatakan “pembeli adalah raja” dimana pembeli memiliki kekuasaan yang besar untuk beralih dari satu produk satu ke produk lainnya, karena mudahnya akses transaksi jual beli serta harga yang bersaing di industri yang satu ini. 


·         Rival yang kompetitif 

Banyak sekali pesaing yang bergelut di industri yang sama dengan perusahaan 
PT. Fastfood indonesia. Dengan kemajuan teknologi dan informasi yang pesat akan menjadi susah bagi KFC untuk meraup untung besar jika tidak selalu melakukan inovasi dan membuat model-model baru seperti apa yang telah mereka lakukan sebelumnya

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

jelaskan struktur dasar html

jelaskan struktur dasar html-  struktur dasar html merupakan sebuah susunan atau tata urutan elemen-elemen yang terdapat  tersusun dalam dokumen html   jelaskan   struktur dasar html            s truktur dasar  html  merupakan susunan atau tata urutan elemen yang tersusun dalam dokumen html. adapun struktur dasar html terdiri 3 bagian yaitu pembuka, isi dan penutup. Di setiap bagian struktur html akan diberikan sebuah elemen penting pada struktur html untuk membuat dokumen atau halaman web. Berikut ini merupakan bentuk penulisan dalam sebuat tag html :          D alam  html  terdapat elemen yang diberikan berbagai warna agar mudah dalam membedakan antara code yang satu dengan yang lain, mudah untuk dipahami dan diterapkan secara urut. dari struktur dasar html tersebut dapat dijelaskan elemennya sebagai berikut : 1. <html></html> Dari kode diatas merupakan sebauh tag pembu...