Langsung ke konten utama

analisis porter five force kfc

ANALISIS PORTER FIVE FORCE KFC

Ketahui dulu gambaran dari perusahaan KFC. PT. Fastfood indonesia. Tbk. Didirikan oleh kelompok usaha gelael pada tahun 1978 dan terdaftar sebagai perusahaan publik sejak tahun 1994. Perseroan mengawali usaha warabola dengan pembukaan restoran KFC pertama pada bulan oktober 1979 di jalan melawai, jakarta. Keberhasilan restoran QSR (quick service restaurant) pertama ini kemudian diikuti dengan pembukaan restoran KFC di kota-kota besar lainnya di indonesia. Sebagai pemegang senantiasa membangun brand KFC dan berbekal keberhasialan perseroan selama 26 tahun. KFC telah menjadi brand hidangan cepat saji yang dominan, dan dikenal luas sebagai jaringan restoran cepat saji di negeri ini.

KFC merupakan perusahaan yang menu utamanya menjual ayam goreng cepat saji. Dalam proses bisnisnya KFC memerlukan bahan baku yang di supply dari beberapa pihak yang berbeda.

 

·      Ancaman pendatang baru
Sulit untuk memulai bisnis dimana telah ada perusahaan yang telah beroprasi dengan berbagai strategi biaya, tetapi jika bisa menemukan alternative produk dan berinovasi mungkin saja bisa masuk dan bertahan di industry tersebut. Selain itu pendatang baru juga harus dengan cepat memperkuat Brand name ketika mencapai economicofscale perusahaannya melalui proses supplychain , serta pengembangan jalur dan infrastruktur distribusi. Dari hal yang diuraikan di atas dapat dilihat bahwa kesempatan pendatang baru untuk masuk menjadi rendah. 


·         Ancaman dari produk pengganti 

Ancaman produk pengganti di dalam industri sendiri apabila di lihat dari fungsinya tidaklah tinggi, walaupun banyak motor jenis matic yang beredar untuk menggantikan posisi motor jenis biasa tetapi keberadaan motor manual belum bergeser fungsi. 


·         Daya Tawar dari supplier 

Daya tawar dari supplier AHM tidak begitu tinggi karena, Honda memiliki supplier yang memang sudah merger dengan perusahaan di jepang. Dan penghasil sebagian besar komponen / piranti untuk produk yang di jualnya. 


·         Kekuatan Pembeli 

Memang betul adanya jika pepatah mengatakan “pembeli adalah raja” dimana pembeli memiliki kekuasaan yang besar untuk beralih dari satu produk satu ke produk lainnya, karena mudahnya akses transaksi jual beli serta harga yang bersaing di industri yang satu ini. 


·         Rival yang kompetitif 

Banyak sekali pesaing yang bergelut di industri yang sama dengan perusahaan 
PT. Fastfood indonesia. Dengan kemajuan teknologi dan informasi yang pesat akan menjadi susah bagi KFC untuk meraup untung besar jika tidak selalu melakukan inovasi dan membuat model-model baru seperti apa yang telah mereka lakukan sebelumnya

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

doa dan tata cara mandi wajib laki-laki sesuai ajaran islam

  DOA DAN TATA CARA MANDI WAJIB LAKI - LAKI SESUAI AJARAN ISLAM Mandi wajib atau mandi junub adalah sebuah istilah yang  ada didalam agama islam untuk menghilangkan hadast besar  dengan tata cara dan doa tertentu yang bertujuan untuk  mensucikan diri dari hadast besar. mandi wajib ini  sering disebut juga sebagai mandi besar.  Mandi wajib ini berbeda dengan mandi biasa karena terdapat  perbedaan diantara keduanya yang membedakan antara mendi  biasa dan mandi wajib perbedaannya terletak pada niatnya. L alu apa saja niat dan tata cara mandi wajib laki-laki sesuai  ajaran islam? berikut ini penjelasannya tentang tata cara mandi wajib  laki-laki sesuai ajaran islam mari simak penjelasan berikut  sebelum mandi wajib atau mandi junub kita harus  mengetahui doa atau niat mandi wajib, untuk doa mandi wajib  yang disebabkan junub mimpi basah, keluar mani, senggama maka  niat mandi wajibnya sebagai berikut : "BISSMILLAHI RAHMA...

Produk jeans dengan menggunakan laser

 PRODUK JEANS DENGAN MENGGUNAKAN LASER  PROSES PEMBUATANNYA    desain/sketch : membuat sejumlah sketsa atau desain celana jeans, selanjutnya dilakukan   analisa dan pemilihan desain terbaik kemudian diproses lebih lanjut untuk dibuaat pola.   pembuatan pola : pola digambar berdasarkan hasil pengukuran oleh desainer celana jeans maupun si pemesan, pola celana jeans dapat dibuat dengan dua cara yakni secara manual dan digital.   grading : untuk menciptakan pola celana jeans dalam ukuran standar yang berbeda yaitu bear, sedang, dan kecil atau ukuran standar lainnya.   marker marking : menentukan seberapa panjang dan lebar kain yang dibutuhkan untuk setiap desain celana jeans.   cutting : pada tahap cutting ini bahan kain yang telah dipesan kemudian dipotong sesuai pola dan jenis kainnya dengan bantuan mesin pemotong atau laser pemotong.    sorting/bundling : potongan kain disortir dan ditumpuk sesuai dengan ukuran dan desainnya. ...